Mencoba Transmisi Suzuki Ignis Matic AGS 1200 cc

Mencoba Transmisi Suzuki Ignis Matic AGS 1200 cc – Mobil Suzuki Ignis 1200cc ini tetap menjalankan kodratnya sebagai citycar meski genre yang diusung sudah menjurus pada Urban SUV dengan menggendong mesin kecil 1.200cc. Mesin K12M yang sama dengan Suzuki Splash. Tidak seperti di pasar global, dimana Suzuki mengandalkan mesin Dual Jet pada Ignis, di Indonesia cukup mesin yang sudah teruji durabilitas, performa dan efisiensi bahan bakarnya yang sangat viral ini di tahun ini.

Apalagi Suzuki tetap melakukan penyesuaian pada mesin ini dengan sedikit merubah desain ruang bakar. Hasilnya, kompresi mesin ditingkatkan menjadi 11:1. Jadi, sudah haram minum bahan bakar dengan kadar RON dibawah 90. Mesinnya cukup halus. Pada saat idle dengan pintu pengemudi terbuka, suara mesin hampir tidak terdengar, apalagi kalau pintu ditutup. Kabin senyap. Mesin tersebut bersanding dengan transmisi AGS generasi kedua. Saya sempat harap-harap cemas dengan performa transmisi ini, karena track record mengecewakan pada Karimun Wagon R. Namun nyatanya, dengan pengembangan lebih lanjut, ditambah peningkatan kapasitas mesin, membuat jeda perpindahan gigi makin enggak terasa. Berikut videonya cara kerja Transmisi Suzuki Ignis Matic AGS 1.200cc.

Suzuki Ignis Matic AGS 1200 cc

Kalaupun ada gejala tenaga mesin lost karena RPM drop saat perpindahan gigi, seringnya terjadi hanya pada gigi rendah 1 dan 2, sisanya transmisi ini berhasil menyerupai sensasi transmisi otomatis konvensional. Meski, tetap ada pengoperasian khusus pada transmisi ini, khususnya karena tidak ada posisi P. Jadi hanya R, N dan D kemudian M (manual). Jadi saat berhenti posisi tuas di posisi N. Suzuki juga menanamkan fitur keselamatan pada transmisi ini. Ketika kita mau memindahkan posisi tuas, komputer tidak akan merespon kalau kita tidak sambil menginjak pedal rem.

Misal, dari berhenti mau maju, tuas transmisi dari posisi N ke D tidak akan terjadi tanpa menginjak pedal rem, Transmisi ini cukup baik meladeni mesin saat harus melintas di kemacetan dalam kota dan mengharuskan sering-sering stop and go. Sayangnya, masih terasa transmisi ini seolah membatasi keluarnya torsi 113 NM, sehingga akselarasi mobil kurang galak. Meskipun kalau kita langsung memacunya secara spontan, kerennya perpindahan gigi terjadi pada RPM 6000, hampir menyentuh red-line!! Tentu kita akan merasakan torsi puncak saat kondisi tersebut. Rasanya? Mantaaaap! baiknya Test Drive Mobil Suzuki Ignis sekarang juga.

Suspensi dan Handling Suzuki Ignis

Selain tampang, Suzuki juga memberikan kesan SUV pada handling dan redaman suspensinya. Pertama kali berjalan di permukaan tidak rata, hmm, suspensinya terasa keras. Tapi asiiiikk.. Serius. Sebab, meski mobil ini terasa tinggi dan memang lebih tinggi dari citycar lain, namun tidak terasa limbung karena seting suspensi dibuat keras. Seperti Suzuki Jimny, namun jauh lebih empuk dan nyaman. Namun karakternya mirip.

Jadinya, selap selip di kemacetan, serta harus melahap tikungan sedikit kencang, bodi roll tidak sampai menganggu dan mengkhawatirkan pengemudi dan penumpang. Dengan power steering elektrik, setir tentu terasa ringan, meski tidak seringan citycar lain. Namun kami suka karena dengan begitu mobil terasa lebih stabil. Dan Suzuki Ignis tetap bisa lincah bermanuver dengan bodi kotak dan tingginya itu.

Saya tak segan menyebut Suzuki Ignis sebagai citycar yang tidak biasa. Dan menawarkan sesuatu yang juga baru, Urban SUV. Meski disegmen ini sebenarnya sudah ada Renault Kwid, tapi kalau mau dibandingkan dengan Ignis, ya anda semua tau jawabannya seperti apa. Jelasnya, dengan banderol mulai dari Rp 142,5 juta (GL MT) sampai Rp 172,5 jutaan (Tipe AGS), Suzuki layak untuk berharap banyak pada Ignis, setidaknya bisa membantu Suzuki Ertiga untuk mengamankan target penjualan.

Apakah Suzuki Ignis bakal jadi mobil panas sesuai dengan namanya sendiri yang menurut bahasa Latin artinya adalah Api? Cuma pasar yang bisa menentukan. Dan kalau Saya harus memberikan poin penilaian pada Urban SUV ini, dari 10 poin kami rela dan ikhlas memberikan poin 8,5 untuk Suzuki Ignis. Demikian pembahasan kali ini mengenai Test Drive Mobil Suzuki Ignis. Selamat beraktifitas.

(Baca Juga : Spesifikasi dan harga Suzuki Ignis & Promo dan Kredit Suzuki Ignis).

Simulasi Kredit Promo Suzuki Bandung
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran mobil Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
__________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Suzuki Ertiga GX AT#70 juta#4 Tahun#Yadi#Jalan Soekarno Hatta no 117 Bandung) kirim ke
081321034146 BBM